Penyakit Miom Pada Wanita

mioma uteriPenyakit miom pada wanita adalah tumor jinak yang berasal dari otot rahim (miometrium) atau jaringan ikat yang tumbuh pada dinding atau di dalam rahim. Miom dapat tumbuh di dalam rongga rahim diantara lapisan dinding rahim atau terpisah diluar rahim dengan tangkai yang melekat pada dinding rahim. Pembesaran mioma berkaitan dengan hormone estrogen dan kebanyakan terjadi pada masa reproduksi. Miom yang tumbuh dapat berukuran sangat kecil (mikroskopik) hingga sebesar bola sepak. Miom termasuk jenis tumor yang banak ditemukan pada alat reproduksi wanita. Diperkirakan satu dari lima wanita usia produktif bisa terserang miom. Miom akan menyebabkan menstruasi tidak teratur atau darah yang keluar terlalu banyak.Umumnya, kaum wanita belum banyak mengetahui jenis penyakit ini. Padahal tumor ini berbeda dengan kanker. Miom tidak menyebar dan bersifat jinak, sedangkan kanker bia menyebar ke seluruh organ tubuh dan bersifat ganas.

Penyebab utama timbulnya penyakit miom pada wanita pada bagian rahim dan sekitarnya belum diketahui hingga saat ini. Namun demikian, miom banyak ditemukan pada wanta yang berusia lebih dari 50 tahun atau pasca menopause, Wanita pengguna preparat estrogen yang sangat rentan terhadap serangan miom. Meskipun tidak bersifat ganas sebagaimana kanker, miom tetap hars diwaspadai karena dapat mengganggu kehamilan, seperti keguguran dan kelainan letak janin. Untuk itu, bagi wanita yang telah memasuki masa menopause dan pengguna hormone harus mewaspadai kemungkinan timbulnya miom pada rahim. Wanita yang terlalu gemuk (obesitas) tidak memiliki keturunan dan tidak menikah juga memiliki faktor resiko yang besar terkena miom. Faktor genetic (keturunan) dan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang diawetkan juga bisa menjadi pemicu timbulnya miom. Untuk mencegah timbulnya miom pada organ reproduksi sebaiknya dihindari makanan yang diawetkan, makanan setengah matang, KB suntik dan pil KB, serta melakukan cek kesehatan secara teratur dan berkala.

Penyakit miom pada wanita dapat menyebabkan kulitas hidup seorang wanita berkurang seperti gangguan kesuburan. Bahkan wanita hamil yang terserang miom dapat menyebabkan keguguran dan prematuris. Pada  stadium awal, umumnya gejala miom sulit bahkan mungkin tidak terdeteksu. Baru setelah memasuki stadium lanjut atau ukuran miom membesar sudah menimbulkan gejala-gejala penderitanya seperti berikut :

  1. Wanita sering mual dan perut kembung
  2. Wanita sering pusing dan suhu badan naik tanpa diketahui penyebabnya.
  3. Menstruasi tidak teratur
  4. Terasa sangat nyeri saat menstruasi
  5. Penderita sering berkemih
  6. Panggul sering mengalami nyeri
  7. Darah yang keluar terlalu banyak pada saat menstruasi
  8. Anemia sering menyertai miom yang letaknya pada permukaan dalam dinding rahim.

Wanita yang memiliki faktor resiko terkena miom sebaiknya melakukann pemeriksaan rahim secara teratur dan berkala. Ini dikarenakan gejala adanya miom, terutama pada stadium awal, sulit dideteksi gejalanya. Pemeriksaan yang dapat dilakukan antara lain USG transvagina, pemeriksaan darah lengkap, dan pemeriksaan kimia darah.


=====================================

>>> Obat Herbal Alami Untuk Mengobati Penyakit Kista, Miom dan Tumor, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Miom and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>